Ratno dan Jagung Pertiwi-5

BENIHPERTIWI.CO.ID – Kabar baik untuk petani jagung, karena Jagung Pertiwi-5 sudah mulai dipasarkan dan bisa didapatkan di toko pertanian.

Kenapa harus mencoba Jagung Pertiwi-5? Hal ini karena Jagung Pertiwi-5 mempunyai beberapa keunggulan untuk melengkapi keunggulan Jagung Pertiwi sebelumnya.

Seperti komentar dari Ratno, salah satu pedagang jagung dari Gondangrejo, Pekalongan, Lampung Timur yang sudah mencoba menggunakan Jagung Pertiwi-5.

Kalau petani suka Pertiwi-5 ya pas, karena penjualannya enak, kadar airnya rendah. Saya sebagai agen sangat menyarankan Pertiwi-5.” Jelas Ratno.

“Bentuk Jagung Pertiwi-5 bagus, karena waktu tua kemerah-merahan, rendemen tinggi, biji besar, sedangkan janggel kecil, ibarat uang 50 perak.” Tambahnya sambil menunjukan ukuran diameter janggel yang kecil.

Menurut Ratno, kadar air  Jagung Pertiwi-5 sudah rendah diumur 95 Hari Setelah Tanam, padahal jagung lain dengan umur yang sama kadar airnya masih tinggi. Sedangkan Jagung Pertiwi 5 sudah bisa jadi perbandingan jual.

“Kalau menurut saya Pertiwi-5 masuk untuk rendemen airnya.”

Selain itu menurut Ratno kriteria jagung yang bagus adalah ukuran tongkol rata, bisa ditanam rapat, jadi tidak perlu tongkol gede yang penting pertumbuhannya bagus.

“Tongkol Jagung Pertiwi-5 rata (seragam), bagus, tidak terlalu besar, tidak kecil dan bisa ditanam rapat. Jagung Pertiwi-5 Masuukk!” Ujarnya.

Tidak hanya menguntungkan bagi pedagang, bagi petani sendiri jagung Pertiwi-5 juga sangat menguntungkan. Dengan potensi hasil 15 ton/ha dan rata-rata 10 ton/ha, jagung Pertiwi-5 tidak hanya dapat dipanen dalam bentuk pipilan jagung, namun juga bisa menghasilkan jagung muda / janten / babycorn.

Seperti Mukaji dari Sumbersari, Lampung, dengan menggunakan jagung Pertiwi-5 dari 5 kilogram benih dapat menghasilkan 3 kwitanl janten. Padahal biasanya jika dibandingkan dengan jagung  lainnya hanya mendapat 1 kwintal janten.

(CR: Mukhtar P)

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.