Panen Raya Padi Pak Tiwi-1

BENIHPERTIWI.CO.ID – Padi unggul Pak Tiwi-1 mampu menekan serangan wereng yang kerap menjadi momok gagal panen. Keunggulan tersebut terbukti saat Panen Raya Padi Pak Tiwi-1 bersama Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung, di Desa Gondang, Kec. Gondang, Tulungagung (8/9/22). Acara dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Tulungagung, Ir. Usmalik, M.Si, beserta jajaran perangkat pangan dan horti, Koordinator BPP, Lurah, Polsek Koramil dan Kelompok Tani dari enam kecamatan.

Dari lahan seluas 50 hektar, hamparan padi Pak Tiwi-1 terbukti aman dari serangan wereng. Acara panen raya dilakukan secara simbolis oleh Kadis Pertanian, perwakilan Benih Pertiwi beserta perangkat pemerintahan terkait.

Keberhasilan panen raya tak lepas dari peran pemerintah yang periode tahun 2022 ini memberikan bantuan benih Pak Tiwi-1 kepada petani padi di Kabupaten Tulungagung sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas dan menanggulangi serangan wereng.

Dalam sambutannya, Usmalik menyampaikan terimakasih kepada Benih Pertiwi yang telah terbukti memberikan solusi terbaik kepada petani di Kabupaten Tulungagung terkait pengenalan benih unggul murni bermutu.

“Tentunya kerjasama yang baik ini bisa berlanjut untuk mewujudkan petani yang tangguh dan produksinya meningkat. Harapan kami mutu dan kwalitas benih yang baik ini bisa dipertahankan kalau bisa di tingkatkan agar kepercayaan petani semakin tinggi dan hasilnya meningkat.
Barangkali mungkin perlu diadakan panen raya yang lebih luas dengan mengundang semua kelompok tani yang wilayahnya potensi padi se kabupaten tulungagung.” Harap malik

Untuk hasil panen, padi Pak Tiwi-1 juga terbukti mampu meningkatkan hasil produktivitas. Berdasarkan hasil ubinan yang dilakukan oleh perwakilan BPP Gondang didapatkan hasil 5,9 kg gabah padi dengan luas ubinan 2,5 meterĀ². Padahal untuk daerah tersebut, hasil panen sebelum menggunakan Pak Tiwi-1 hanya mendapat 4 kg / 2,5 meterĀ².

Joko Wahyudi sebagai perwakilan Benih Pertiwi juga berharap dengan hasil ini petani padi tidak perlu kwatir terhadap serangan wereng maupun hasil rendah, karena tanam Padi Pak Tiwi-1 lebih tahan wereng dan hasil lebih memuaskan.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.