BENIHPERTIWI.CO.ID – Rotasi tanaman adalah sistem gilir tanam atau menanam bergantian lebih dari satu jenis tanaman dalam waktu berbeda pada lahan yang sama.

Rotasi tanaman penting dan direkomendasikan untuk sistem budidaya yang menggunakan media tanah dan terutama bagi sistem organik.

Manfaat Penting Rotasi Tanaman :

1. Rotasi tanaman dapat membatasi intensitas serangan hama penyakit pada suatu jenis atau familli tanaman.

Setiap tanaman yang berbeda jenis dan famili, mempunyai hama penyakit yang berbeda. Misalnya hama penyakit cabe sama dengan tomat dan terong, karena merupakan satu famili Solanaceae. Namun berbeda dengan hama penyakit pada tanaman jagung atau kangkung yang berbeda famili. Ketika dilakukan rotasi, siklus hidup hama penyakit akan tertekan atau bahkan terputus.

2. Rotasi tanaman dapat mempertahankan kesuburan tanah.

Dalam hal ini Jenis kacang-kacangan mempunyai peran penting, karena mampu mengikat nitrogen bebas yang dapat menyuburkan tanah, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan kesuburan tanah. Misalnya, setelah panen jagung dilanjutkan tanam kacang-kacangan untuk mengembalikan kesuburan tanah. Kemudian dilanjutkan menanam sayuran daun yang banyak membutuhkan unsur N.

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.