Janten Jagung muncul dibawah tongkol utama

BENIHPERTIWI.CO.ID – Bagi petani jagung pada umumnya, janten atau jagung muda atau baby corn akan dipanen untuk dijual. Janten yang dimaksud adalah jagung kedua yang muncul setelah tongkol utama, posisi munculnya di bawah tongkol utama. 

Pada tanaman jagung dengan tingkat kesuburan yang bagus, janten bisa muncul dua hingga tiga buah. Jika dibiarkan besar dan tanpa dikurangi, akan menyebabkan pertumbuhan tongkol tidak maksimal. Oleh sebab itu biasanya dalam satu tanaman hanya akan dipertahankan satu tongkol, sedangkan tongkol lainnya dipanen muda atau dipanen janten. 

Tongkol utama merupakan jagung pertama yang tumbuh, sedangkan jagung kedua dan ketiga yang tumbuh dipanen muda kemudian dijual sebagai sayuran. Meskipun mempunyai nilai ekonomi dan berpengaruh terhadap produksi, namun dalam pengambilan janten juga perlu memperhatikan cara panen janten yang tepat. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak merusak pertumbuhan tongkol utama.

Dalam panen janten, sebaiknya janten diambil ketika awal kemunculan yaitu setelah terlihat rambut tongkol, panen dilakukan dengan cara menggunakan pisau atau sabit supaya tidak merusak tongkol diatasnya atau tongkol utama. Cara pengambilan janten yang salah dapat mempengaruhi perkembangan tongkol diatasnya. Karena jika tidak hati-hati saat mengambil janten, bisa membuat batang rusak atau patah sehingga mengganggu proses distribusi makanan ke tongkol utama. 

Beberapa produk jagung dari Benih Pertiwi yang mempunyai Janten lebih dari satu buah adalah Jagung Pertiwi-5 yaitu jagung terbaru dengan produktivitas tinggi. Selain itu dari jenis jagung manis, Benih Pertiwi mempunyai jagung manis varietas Exsotic dan Paragon yang sama-sama mempunyai banyak janten. 

BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.