• Olah Tanah & Benih
  • Metode Tanam
  • Jarak Tanam
  • Pemupukan
  • Perawatan
  • Panen

Varietas Pak Tiwi-1 merupakan benih unggul padi sawah

kebutuhan benih pak tiwiPengolahan Tanah

1. Pengolahan tanah dilakukan dua kali

2. Pengolahan tanah pertama dengan bajak singkal (kedalaman Β± 25 cm) dan dirancahi.

3. Pengolahan kedua dilakukan menjelang tanam dengan bajak singkal dan dirancahi.

4. Untuk mencegah hilangnya air dan unsur hara melalui rembesan, sebaiknya pematang sawah dibersihkan dan dipadatkan.

Kebutuhan Benih dan Persemaian

1. Bersamaan dengan pengolahan tanah, siapkan bedengan untuk persemaian dengan kondisi tanah yang gembur dan subur.

2. Kemudian taburkan benih Pak Tiwi-1 pada bedengan persemaian dan ditutup tipis dengan tanah ringan lalu diairiΒ 

cukup 2 bibit per lubang Bibit siap dipindah tanam pada umur 18-21 hari setelah semai dan cukup dengan 2 bibit per lubang tanam.

jarak tanam pak tiwi 1 - Copy Karena jumlah anakan lebih dari 25 batang per rumpun, maka dianjurkan menggunakan jarak tanam minimal 26 x 26 cm pada musim kemarau, sedangkan pada musim hujan jarak tanam diperlebar menjadi 30 cm x 30 cm. Disarankan menggunakan pola tanam sistem jajar legowo (2:1) untuk mempermudah perawatan dan meningkatkan produksi.
pemupukan pertiwi

Pemupukan Pertama

1. Pemupukan pertama (dasar) dilakukan pada umur 0-10 hari setelah pindah tanam.

2. Gunakan pupuk majemuk (NPK 15-15-15) dosis 250 kg/ha atau menggunakan pupuk tunggal berupa : Urea : 100 kg, SP-36 : 100 kg dan KCL : 75 kg setiap hektarnya.

3. Tambahkan juga insektisida berbahan aktif karbofuran.

Pemupukan Kedua

1. Pemupukan kedua dilakukan pada umur 20-25 hari setelah pindah tanam.

2. Lakukan penyiangan dan penggenangan sebelum aplikasi pupuk.

3. Berikan pupuk Urea dengan dosis 100 kg/ha.

4. Taburkan juga insektisida berbahan aktif karbofuran atau semprotkan insektisida berbahan aktif karbosulfan.

Pemupukan Ketiga

1. Pemupukan Ketiga dilakukan pada umur 35-45 HST.

2. Lakukan penyiangan dan penggenangan sebelum aplikasi pupuk.

3. Berikan pupuk urea dengan dosis 75 kg/ha dan KCl 75 kg. [/tab]

5

Pengairan

Lakukan pengairan seperti pada gambar diatas. Kunci penting saat pengairan adalah saat fase awal pindah tanam, sebelum pemupukan dan pengairan dihentikan pada umur 90 HST atau dua minggu sebelum panen. Hal ini bertujuan agar kadar air gabah lebih rendah dan tidak pecah saat penggilingan.

Pengendalian Hama dan Penyakit :

1. Bila terdapat gejala serangan hama belalang dan walang sangit, segera lakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif alfa sipermetrin pada umur 20-40 hst dan 80-90 hst.

2. Bila terdapat gejala serangan hama putih palsu segera lakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif imidakloprid.

3. Bila terdapat gejala serangan Hawar Daun Bakteri, segera lakukan penyemprotan bakterisida berbahan aktif streptomycin sulfat pada umur 30-60 hst.

4. Bila terdapat gejala serangan blast disarankan penyemprotan fungisida berbahan aktif mankozeb atau difeconazol pada umur 60-80 hst.

6Padi Pak Tiwi-1 dapat dipanen pada umur 105 HST atau dengan ciri 90% gabah menguning keemasan. Potong batang padi 10-15 cm dari atas tanah. Segera rontokan gabah untuk mengurangi tingkat kerusakan beras.

Benih Padi Terkait : Pak Tiwi-1

NB: Panduan ini merupakan teknik budidaya secara umum. Pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi agroklimat setempat atau dapat berkonsultasi dengan tim lapangan PERTIWI / PPL setempat

BACA LAINNYA

169 Response Comments

  • fadoli03/11/2014 at 5:21 pm

    Asslm, saya petani di banyuwangi saya ingin tahu info varietas padi pak tiwi. adapun yang ingin saya tanyakan meliputi .tinggi tanaman, ketahanan terhadap hama dan penyakit, ketehanan terhadap rebah ,dan berapa hasil riil dan potensi hasil perhektar .dan di mana di daerah gentang-banyuwangi bisa membeli benih padi pak tiwi? terimakasih.

    Reply
  • admin04/11/2014 at 12:10 pm

    Wss. Trm ksh atas pertanyaanya pak Fadoli. Tinggi tanaman Pak Tiwi-1 krng lbh 105 cm, keunggulannya lebih tahan wereng (biotipe 1, 2 dan 3) dan hawar daun bakter (terutama ras III), mempunyai perakaran dalam & batang kokoh, sehingga tahan rebah. Untuk potensi hasil rata2 mencapai 8 ton/ha, sdgkn potensi mencapai 11 ton/ha. Wilayah marketing Banyuwangi bisa menghubungi Bpk. Ario 081367473473.

    Reply
  • makmur04/11/2014 at 10:18 pm

    Salam sejahtera.
    Kani petani di desa dayah beuah pidie, aceh. Ingin nanam padi pak tiwi 1 & cabe serambi. Dmn kami membeli benih nya. Mohon info

    Reply
  • admin05/11/2014 at 1:25 pm

    Salam sejahtera,
    Untuk info marketing wilayah Aceh bisa menghubungi Bpk. Haryanto 0811643296. Terima Kasih.

    Reply
  • ulla08/11/2014 at 3:31 pm

    salam sejahtera pak tiwi
    saya petani dari sulawesi selatan kabupaten pinrang…
    ingin tanam padi pak tiwi 1…. dmana saya bisa beli bibitnya,,, terimah kasih

    Reply
    • admin10/11/2014 at 9:17 am

      Salam sejahtera juga pak Ulla. Untuk informasi marketing wilayah Pinrang bisa menghubungi Bpk. Amirudin 081242993966. terimakasih

      Reply
  • Syaihu15/11/2014 at 8:34 pm

    Asslm, Saya petani padi sawah di Kabupaten Merangin Jambi. Dimana yang terdekat bisa mendapatkan Benih padi Pak Tiwi ?

    Reply
    • admin17/11/2014 at 8:20 am

      Wss pak Syaihu.. Untuk wilayah marketing Jambi bisa hubungi langsung Bpk. Anang Roni 08123402486. Tks

      Reply
  • mukhtar20/11/2014 at 10:42 am

    apakah paktiwi jenis hibrida pak?

    Reply
  • admin21/11/2014 at 8:17 am

    Inbrida bukan hibrida pak. tks.

    Reply
  • afwan sahab22/11/2014 at 1:52 pm

    assalamualikum pak admin
    untuk wilayah marketing bekasi ada gk pak ?

    Reply
    • admin24/11/2014 at 8:06 am

      Wss pak afwan..Untuk wilayah marketing Bekasi bisa menghubungi: Bp. Rahadi Utama 085211443773, tks.

      Reply
  • andy29/11/2014 at 1:16 pm

    Ass..
    Ada protap yg rinci untuk tanam padi pak tiwi g?
    Mksh..

    Reply
  • admin01/12/2014 at 8:51 am

    Wss,. iya pak Andy, sementara pedoman diatas hanya point2 penting berdasarkan karakter Pak Tiwi-1 saja pak. Sedangkan teknik budidaya lebih rinci bisa disamakan dengan pedoman budidaya padi umumnya. Selanjutnya nanti kami lengkapi untuk pedoman yang lebih rinci pak. Trimakasih.

    Reply
  • ihsan01/12/2014 at 11:37 am

    mohon info untuk marketing di Lombok Tengah – NTB. trims

    Reply
    • admin01/12/2014 at 2:05 pm

      Untuk wilayah marketing Lombok bisa menghubungi Bp. Dwi Yogo 082143803803 pak. tks

      Reply
  • jay02/12/2014 at 8:42 am

    Apa tahan terhadap perycluaria (blast)???

    Reply
    • admin02/12/2014 at 10:25 am

      Sementara belum ada pengujian resmi terhadap serangan blast, Pak Tiwi-1 baru teruji dalam ketahanan wereng coklat biotipe 1,2,3 dan hawar daun bakteri ras III, agak tahan untuk ras IV dan VIII. Namun dari beberapa laporan dari lapangan Pak Tiwi-1 cukup toleran terhadap blast. Sebagai antisipasi serangan blast perlu pengendalian fungisida di musim awal, pengaturan tanam dengan sistem jajar legowo juga bisa mengurangi tingkat serangan blast. tks

      Reply
  • arif07/12/2014 at 4:51 am

    aslmkm
    mw tax pak apa padi pak tiwi 1 bisa tahan jika d tanam d musim hujan?

    Reply
    • admin08/12/2014 at 7:59 am

      Wss pak Arif. Pak Tiwi-1 cocok di musim hujan pak. πŸ˜€

      Reply
    • arif08/12/2014 at 8:57 pm

      untuk daerah bondowoso marketingx dmn ya pak?
      hrgx brapa ya?

      Reply
      • admin09/12/2014 at 4:47 pm

        Untuk wilayah marketing Bondowoso bisa menghubungi Bp. Ario 081367473473. Terkait harga silahkan tanya ke marketing yang bersangkutan ya pak. tks

        Reply
  • Qodir08/12/2014 at 9:13 am

    Mau tanya pak..Dimasa generatif daun kok kuning kemerahan pak kadang sampai ke daun bendera, kenap pak ya?

    Reply
    • admin09/12/2014 at 5:09 pm

      Bisa jadi jamur pak. Serangan jamur bisa disebabkan karena kelembaban tinggi. Kondisi lembab bisa karena jarak tanam yang terlalu rapat, apalagi musim hujan dianjurkan jarak tanam diperlebar daripada musim kemarau. Untuk Pak Tiwi-1 kami anjuran penggunaan jajar legowo agar sirkulasi udara baik. Penggunaan benih per lubang tanam juga perlu diperhatikan. Pak Tiwi-1 mempunyai anakan banyak, jadi per lubang tanam cukup 2 atau maksimal 3 bibit (karakter budidaya Pak Tiwi-1 bisa dibaca http://benihpertiwi.co.id/budidaya-padi-pak-tiwi-1/). Faktor lain bisa jadi karena penggunaan pupuk nitrogen dosis tinggi. Hal ini memacu pertumbuhan sel yang rentan penyakit. Untuk Pak Tiwi-1, kurangi penggunaan pupuk Nitrogen. Pengurangan dosis pupuk nitrogen juga menghemat biaya produksi. Untuk antisipasi serangan tersebut dapat dilakukan pencegahan dengan penyemprotan fungisida pada umur 35-45HST. Demikian, terima kasih atas pertanyaannya. πŸ˜€

      Reply
  • Qodir09/12/2014 at 8:58 pm

    Terima kasih pak atas sarannya.. Metode tanam jajar legowo 2:1 pada padi pak tiwi apa bisa meningkatkan produksi dari pada sistem tegel? Dan jika legowo 2:1 jarak antar tanam 12,5 cm dengan jarak segitu apakah pak tiwi masih banyak anakannya? Sorry byk tanyak pak soalnya mau coba jjr lgwo soalnya udah 3x musim tam pak tiwi pakai sistem tegel

    Reply
    • admin10/12/2014 at 8:55 am

      Penggunaan Jarwo terkait dengan populasi, pengendalian HPT, cahaya matahari, kemudahan pemupukan dan perawatan yang memungkinkan meningkatkan produksi (lebih lengkapnya tntg jajar legowo bisa dibaca di epetani.deptan.go.id). Dg jarak tanam jarwo, anakan masih cukup banyak dan optimal, meskipun pada dasarnya semakin rapat jarak tanam akan menekan jumlah anakan. Silahkan dicoba aja dlu pak Qodir, mana yg paling baik sesuai dengan kondisi setempat. Dg catatan meskipun jarwo sering unggul namun kadang ada juga hasilnya hampir sama atau lebih rendah dr tegel. Semoga bisa menjawab pertanyaan ya pak πŸ˜€ tks.

      Reply
  • Qodir10/12/2014 at 10:43 am

    Terima kasih atas sarannya, sangat bermanfaat sekali bagi petani kecil seperti saya pak

    Reply
    • admin10/12/2014 at 1:13 pm

      Sama-sama pak Qodir, semoga bermafaat, terima kasih jg sdh menggunakan produk Benih Pertiwi. πŸ˜€

      Reply
  • farid13/12/2014 at 5:50 pm

    Maksudnya inbrida tu apa pak?

    Reply
    • admin17/12/2014 at 7:53 am

      bukan hibrida Pak,.tks

      Reply
  • joko02/01/2015 at 7:41 pm

    saya petani asal lumajang, ingin menanyakan berapa jumlah anakan tiap rumpun bila ditanam 1, bila ditanam 2, dan bila ditanam 3 per tancap. dan berapakah anakan produktifnya. trimakasih.

    Reply
    • admin07/01/2015 at 9:55 am

      Dg perlakuan sama bisa jadi jmlh anakan maksimum sama (cenderung lebih banyak dg jumlah bibit lebih sedikit). Semakin banyak bibit perlubang tanam, anakan produktif bisa jadi semakin berkurang karena bersaing nutrisi. Semakin sedikit jumlah anakan perlubang, bisa jadi anakan produktif lebih banyak namun biasanya keserempakan panen lebih rendah karena anakan masih terus tumbuh dan gabah masih banyak yang hijau. Tks

      Reply
  • Makmur17/01/2015 at 1:16 am

    salam. mohon info petugas penyuluh padi pak tiwi utk wilayah pidie-Aceh.

    Reply
    • admin19/01/2015 at 8:52 am

      Salam. untuk Aceh bisa menghubungi Bp. Bambang Harianto 081375253330 ya pak. tks

      Reply
  • Veri17/01/2015 at 1:10 pm

    Untuk info benih pak tiwi 1 di malang dimana ya ?

    Reply
  • Veri17/01/2015 at 1:15 pm

    sama info PPL di malang khususnya di daerah kepanjen siapa ya ? minta hubungi saya di 081217366515

    Reply
    • admin19/01/2015 at 8:56 am

      Untuk info marketing di Malang Bisa menghubungi Bp. Aan 081252688345 langsung ya pak.. tks

      Reply
  • wasimin26/01/2015 at 10:13 am

    mau nanya pak..apakah padi paktiwi yang saya tanam bisa di jadikan benih lagi..terimakasih

    Reply
  • bajang tani04/02/2015 at 1:57 pm

    Untuk info pembelian bibit PAk Tiwi di daerah wlingi/blitar jawa timur bisa menghubungi kesiapa ya pak?
    Sedangkan jenis Pak tiwi termasuk variestas apa pak, maksud saya rekayasa genetik antara apa dgn apa pak.
    terima kasih

    Reply
    • admin12/02/2015 at 8:21 am

      Pak Tiwi-1 varietas baru,. nama varietasnya memang Pak Tiwi-1. Informasi marketing Blitar bisa menghubungi langsung Bpk. Teguh Widodo 081394051450. tks

      Reply
  • agus13/02/2015 at 7:05 pm

    Untuk marketing ponorogo siapa? yang dimaksud varietas baru jadi bukan Ciherang bukan Pepe atau sejenisnya?

    Reply
    • admin16/02/2015 at 8:23 am

      Informasi marketing Ponorogo bisa menghubungi Bp. Heri Siswanto 081216073682 atau Heri Setiawan 085233038308. Bukan Ciherang atau lainnya,. nama varietasnya memang Pak Tiwi-1. Tks

      Reply
  • HARTONO14/02/2015 at 5:47 pm

    permisi pak …untuk wilayah pemalang jawatengah marketingnya siapa ya pak minta info nya …makasih

    Reply
    • admin16/02/2015 at 8:29 am

      untuk informasi marketing Pemalang bisa menghubungi Bp. Harsono 081229243424 ya pak. tks

      Reply
  • saparullah23/02/2015 at 1:20 pm

    Sistim pengairan untuk tanaman umur 10 hari bagaimana dgn kondisi spt ini ., makasih sebelumnya

    Reply
    • admin23/02/2015 at 3:25 pm

      Kondisi seperti apa ya pak? pada umur 10 hari,. pengairan berselang 3-5 hari (cukup basah / macak2)..

      Reply
  • Fakhrudin Liada24/02/2015 at 12:44 pm

    Ass. Wr. Wb. Untuk wilayah Sulawesi Tengah bisa dpat dmna bibit Pak Tiwi? Mhon infox ke no sy 085241351101. Thanks Wassalam Wr. Wb.

    Reply
    • admin24/02/2015 at 1:27 pm

      Wss. Informasi marketing Sulawesi Tengah bisa menghubungi Bp. Ikbal Buntaran 085239994426 atau 087844731699 ya pak.. tks

      Reply
  • makmur04/03/2015 at 2:36 am

    padi pak tiwi saya sdh 76HST sekarang daerah saya kesulitan air. sawah mulai kering. bagaimana bila suplai air tdk lancar, apa kah ada pengaruh pada kualitas gabah?

    Reply
    • admin04/03/2015 at 8:32 am

      Kekurangan air bisa saja berpengaruh pada kualitas gabah pak. Kekeringan dapat memperlambat munculnya bunga, pengisian atau pemasakan biji tidak optimal, akibatnya bobot gabah bisa turun. tks

      Reply
  • Agus06/03/2015 at 6:59 pm

    apakah padi pak tiwi yang sudah dipanen bisa untuk dijadikan bibit kembali

    Reply
    • admin09/03/2015 at 8:07 am

      Lebih baik jangan dibibitkan lagi pak, karena hasilnya bisa jadi lebih rendah dari aslinya. tks

      Reply
  • ahyar10/03/2015 at 6:07 pm

    apakah pak tiwi bisa dibudidaya salibu

    Reply
    • admin13/03/2015 at 8:18 am

      Untuk Salibu kurang baik pak. tks

      Reply
  • hendri10/03/2015 at 7:41 pm

    apakah benih pak tiwi tahan penyakit blas atau potong heler ?
    umur padi pak tiwi 105 hari setelah tanam ataukah setelah semai ?
    jika dibandingkan dengan ciherang lebih lama mana pak???

    Reply
    • admin13/03/2015 at 8:06 am

      Sementara ini belum tahan blas, Pak Tiwi-1 tahan Wereng biotipe 1, 2, 3. Umur 105-115 setelah tanam, masih lebih dalam Pak Tiwi pak.

      Reply
  • Khoir20/03/2015 at 1:23 pm

    saya baru mencoba menanam benih pak tiwi, tapi ketika uritsn mencapai umur 20 hari kon pendek sekali ya…jadi khawatir soalnya tidak seperti biasanya? apa memang egitu pak? mohon penjelasannya. terima kasih

    Reply
    • admin20/03/2015 at 4:16 pm

      uritsn maksudna apa ya pak? per lubang tanam berapa bibit? umur pindah semainya berapa? seperti biasanya pakai bibit apa ya pak? tks

      Reply
      • Khoir20/03/2015 at 10:17 pm

        maksudnya uritan penyebaran bibit pak, ini masih usia 19 hari, tapi lebih pendek dari benih padi yg biasa saya tanam. biasaya sy tanam 64 dan ciherang. kalau pak tiwi 1 sebaiknya umur pinah semainya berapa pak? terima kasih sblmny

        Reply
        • Khoir21/03/2015 at 5:53 am

          tinggi benihnya hanya sekitar 22 cm, saya mau pindah semai jadi agak ragu pak, nunggu smpai tinggi dulu atau bagaimana?

          Reply
          • admin23/03/2015 at 8:20 am

            Pak Khoir, tinggi 22 cm umur 19 hari masih normal. Siap pindah tanam patokannya jumlah daun yaitu 3-4 daun. kalo tinggi tanaman bisa pengaruh jenis tanah, naungan atau juga kerapatan. Pak Tiwi-1 siap tanam sekitar 18-21 hari pak. tks

  • dinar21/03/2015 at 10:32 pm

    Ass..klo pengadaan benih Di wilayah cikampek..dimana pak.n kira.2 tahan kekeringan nggak y..soalnya..pagan tadah hujan..trims infonya.

    Reply
    • admin23/03/2015 at 8:49 am

      Wss. Untuk wilayah Cikampek bisa menguhubungi Bp. Rahadi Utama 085211443773 ya pak. Pak Tiwi-1 padi sawah yang butuh kecukupan air, kalau musim kemarau asal air cukup masih baik pak. Tks

      Reply
    • Khoir24/03/2015 at 12:04 pm

      tapi ini usia 21 harijumlah daunnya hanya 2 pak, bagaimana?

      Reply
      • admin30/03/2015 at 8:33 am

        Tanam dimana pak? ketinggian berapa?

        Reply
  • Fakhrudin Liada22/03/2015 at 1:10 am

    Mohon info untuk distributor bibit Pak Tiwi Wilayah Gorontalo. Thx

    Reply
    • admin23/03/2015 at 8:56 am

      Untuk informasi marketing Gorontalo bisa menghubungi Bp. Zikri 085391147000 ya pak. tks

      Reply
  • Dwi Wie24/03/2015 at 6:36 pm

    Mohon Info untuk daerah Karanganyar dan sukoharjo pak.. mkasih

    Reply
    • admin30/03/2015 at 8:55 am

      Bisa menghubungi Bp. Hasan 081335719808 ya pak. tks

      Reply
  • makmur27/03/2015 at 3:41 am

    alhamdulillah…pak tiwi ku wis panen.
    dapat 814 kg gabah. luas sawah sekitar 1400m.

    Reply
    • admin30/03/2015 at 8:49 am

      Panen yang sempat kekeringan itu kan ya pak?

      Reply
  • Agus.S28/03/2015 at 9:08 pm

    Kalau untuk wilayah sulawesi Selatan kalau btuh bibit menghubungi siapa Pak

    Reply
    • admin30/03/2015 at 8:23 am

      Untuk Sulsel bisa menghubungi Bp. Rio Despantoro 081336025117 ya pak. tks

      Reply
  • indah29/03/2015 at 2:37 pm

    saya mau tanya.. kenapa ya benih yg ayah saya rendam dan kemudian disemaikan tp knp tidak hidup ap penyebab y padahal ayah saya sudah menggunakan pak tiwi mohon penjelasanya ?

    Reply
    • admin30/03/2015 at 8:20 am

      rendamnya berapa lama ya bu?

      Reply
  • Darwo02/04/2015 at 3:49 pm

    mohon bertanya,
    untuk wilayah purwokerto, saya bisa beli dimana ya pak?
    trms ksh.

    Reply
    • admin23/04/2015 at 8:28 am

      Untuk wilayah Purwokerto bisa menghubungi Bp. Febriano Setyawan 081259173885 ya pak. Tks

      Reply
  • Agus.S04/04/2015 at 9:49 am

    Sdh berapa kali diproduksi padi Pak Tiwi 1 dan hasilnya gimana dibanding varitas Ciherang & Mikongga Pak

    Reply
  • prismadya14/04/2015 at 9:53 am

    Tanya dong pak/bu…
    Kalo beli bibit beras ini dmn ya?
    Sy mau coba tanam dihalaman.
    Mohon pencerahannya pak/bu
    tengs

    Reply
    • admin23/04/2015 at 8:25 am

      Lokasi dimana ya bu? Tapi Pak Tiwi-1 hanya tersedia dalam kemasan 5 Kg-an, tidak ada kemasan kecil.. πŸ˜€ Tks

      Reply
  • Agus.S22/04/2015 at 7:04 pm

    Sy sudah coba tanam varitas pak tiwi 1 kelihatan nya bagus umur padi sekarang lagi 20 hari mudah-2han hasilnya bagus bisa kami kembang di Daerah sy Sul Bar

    Reply
    • admin23/04/2015 at 8:22 am

      Oh iya mudah-mudahan hasilnya bagus ya pak Agus. Amin.. πŸ™‚

      Reply
  • adi24/04/2015 at 7:14 pm

    Infonya untuk wilayah lumajang..mohonya yaa pak??????

    Reply
    • admin27/04/2015 at 10:13 am

      Lumajang bisa menghubungi Bp. Ario Arlianto 081367473473 ya pak. Tks

      Reply
  • edi26/04/2015 at 10:58 pm

    mhn info untuk beli bibit pak tiwi wilayah pelembang sumsel… thx

    Reply
    • admin27/04/2015 at 10:28 am

      Untuk wilayah Palembang bisa menghubungi langsung marketingnya ya pak.. Bp. Anang Roni 08123402486. Tks

      Reply
  • Agus.S27/04/2015 at 7:49 pm

    Ada fotonya di fbook sy umur padi 25 hari

    Reply
  • irvan06/05/2015 at 6:24 pm

    Berapa no hp petugas pak tiwi untuk sulawesi barat

    Reply
    • admin07/05/2015 at 8:11 am

      Sulbar bisa menghubungi Bp. Amirudin 081242993966 atau Bp. Rio Despantoro 081336025117

      Reply
  • Rudi13/05/2015 at 8:56 am

    Mohon info untuk benih pertiwi daerah sidoarjo.. thanks

    Reply
    • admin18/05/2015 at 1:12 pm

      Bisa mengubungi Bp. Teguh P. 085336568056 ya pak. Tks

      Reply
  • ade hamka18/05/2015 at 1:54 pm

    Mohon info untuk benih pertiwi daerah karawang.. thanks

    Reply
    • admin18/05/2015 at 3:56 pm

      Untuk Karawang bs menghubungi langsung marketing Jabar Pertiwi, Bpk. Rahadi utama 085211443773 atau Bpk. Sujono 0811217930. Tks

      Reply
      • nanang26/05/2015 at 1:16 pm

        untuk wilayah lampung almatnya dimna sy mau cari bibitnya yrims

        Reply
        • admin26/05/2015 at 1:26 pm

          Untuk info marketing Lampung bisa menghubungi Bp. Musolli 081369166500 ya pak. Tks

          Reply
  • nanang26/05/2015 at 1:19 pm

    untuk wilayah lampung kab.tulangbawang barat dmna sy bisa dapatkan benihnya

    Reply
    • admin26/05/2015 at 1:27 pm

      Untuk info marketing Lampung bisa menghubungi Bp. Musolli 081369166500 ya pak. Tks

      Reply
  • pak cip09/06/2015 at 4:35 pm

    pak tiwi,, apakah bisa di akar.. dalam arti setelah panen,, cukup dipotong pendek biar bersemi lagi.. daerah magetan menghubungi siapa ya..

    Reply
    • Admin11/06/2015 at 3:07 pm

      Bisa saja pak, tapi agar hasil optimal hendaknya menggunakan benih baru yang lebih terjaga mutunya. Untuk marketing daerah Magetan bisa menghubungi Bp. Heri 081216073682. Tks

      Reply
      • charles25/06/2015 at 7:00 pm

        kalo daerah lampung hubungi siapa ya

        Reply
        • Admin26/06/2015 at 8:07 am

          Untuk Lampung bisa menghubungi Bp. Musoli 081369166500 ya pak, tks.

          Reply
  • suraji02/07/2015 at 6:47 pm

    untuk daerah gresik/lamongan hubungi siapa ya,,,,??? trim’s

    Reply
    • Admin06/07/2015 at 9:09 am

      Untuk info marketing Lamongan bisa menghubungi Bp. Erwin 08112200929 atau 082118969023 ya pak. Tks

      Reply
  • Jamal28/07/2015 at 12:19 pm

    kalau di kalimantan selatan, hubungi siapa ya?

    Reply
    • Admin28/07/2015 at 1:24 pm

      Kalimantan Selatan bisa menghubungi Bp. Agung H. 085335736361 ya pak,. tks. πŸ˜€

      Reply
  • Shadiq01/08/2015 at 11:46 pm

    Untuk daerah probolinggo (JATIM) ada ga’ pak?

    Reply
  • Admin03/08/2015 at 8:28 am

    Ada pak,. untuk probolinggo bisa menghubungi Bp. Teguh Prakoso 085336568056 ya pak. Tks

    Reply
  • Cak Koen04/08/2015 at 8:00 pm

    Kalau di Sinjai Sulsel, menghubungi siapa ya, matur suwun

    Reply
    • Admin05/08/2015 at 11:22 am

      Untuk informasi marketing Sulawesi Selatan bisa menghubungi langsung Bp. Rio Despantoro 081336025117 ya pak. Tks

      Reply
  • febri18/08/2015 at 12:43 pm

    kalo Kota Jambi mau pesan benih sama siapa?? gimana belinya?

    Reply
    • Admin18/08/2015 at 1:32 pm

      Informasi marketing Jambi bisa menghubungi langsung Bp. Anang Roni 08123402486 ya pak.. Tks

      Reply
  • slamet riyadi18/08/2015 at 8:42 pm

    Mohon penjelasan apakah padi Pertiwi tanam dimusim tidak mudah patah, serta hasil panennya bisa bagus diketinggian 1000 dpln ,terima kasih. Nb. Saat ini usia tanaman 70 hst dilahan 2,3 ha sdh ditawar 50 jt

    Reply
    • Admin19/08/2015 at 8:58 am

      Beras patah tidak terkait dg musim pak, bisa ikuti rekomendasi budidaya Pak Tiwi-1 berikut ini . Terutama dalam hal pemupukan Urea, baik dosis dan waktu. Hal yg perlu diperhatikan juga jarak tanam yang tepat. Untuk ketinggian 1000 bisa bagus, dengan catatan antisipasi Blasnya perlu diperhatikan pak. Wah,. ditawar 50 juta kurang ta pak? hehehe πŸ˜€

      Reply
  • dwieriyadi21/08/2015 at 5:49 pm

    klu mau pesan benihnya di daerah tangerang ada gak yg bisa dihubungi…

    Reply
    • Admin28/08/2015 at 8:30 am

      Untuk informasi derah Tangerang bisa menghubungi langsung Bp. Rahadi Utama 085211443773 ya,. Tks πŸ˜€

      Reply
  • hamzah02/09/2015 at 1:31 pm

    Untuk indramayu hubungi siapa?

    Reply
    • Admin03/09/2015 at 10:56 am

      Untuk Indramayu bisa menghubungi Bp. Novid 085220078215 ya pak. Tks πŸ˜€

      Reply
  • anton04/09/2015 at 11:09 pm

    mohon info distributor pak tiwi untuk wilayah medan dan aceh ,hubungi siapa pak? tks atas tanggapannya

    Reply
    • Admin08/09/2015 at 10:28 am

      Untuk informasi marketing Medan & Aceh bisa menghubungi langsung Bp. Haryanto 0811643296 ya pak,. Tks

      Reply
  • Indra13/09/2015 at 7:49 pm

    Saya baru melakukan uji adaptasi benih paktiwi di Manokwari dan hasilnya memuaskan…..benih saya beli di Malang….karena petani banyak yang berminat….dimana saya bisa mendapatkan benih paktiwi terdekat sehingga menghemat ongkos kirimnya..trima kasih.

    Reply
    • Admin14/09/2015 at 8:34 am

      Pak Indra, terima kasih kami sampaikan karena sudah menggunakan Padi Pak Tiwi-1 πŸ˜€ Untuk informasi marketing, bisa menghubungi Bp. Akbar 081269169329 sebagai petugas marketing baru untuk daerah Manokwari.

      Reply
  • yayat06/10/2015 at 9:23 pm

    Tolong minta petugas utk wilayah majalengka,jawa barat

    Reply
  • yayat06/10/2015 at 9:24 pm

    Maksudnya siapa yg bisa kita hubungi dan no hp nya

    Reply
    • Admin07/10/2015 at 5:39 pm

      Untuk informasi marketing Majalengka bisa menghubungi Bp. Novid 085220078215 ya pak. Tks

      Reply
  • hasdi10/10/2015 at 8:47 am

    Mohon infonya untuk wilayah sulawesi selatan makasih.

    Reply
    • Admin13/10/2015 at 8:46 am

      Untuk Sulawesi Selatan bisa menghubungi langsung Bp. Rio Despantoro 081336025117 ya pak. Tks

      Reply
  • munawar16/10/2015 at 9:38 am

    mohon informasi bibit padi pak tiwi untuk daerah kabupaten tegal or kota tegal,,,kepada siapa nmr yg bisa di sya hubungi

    Reply
    • Admin16/10/2015 at 3:22 pm

      untuk informasi marketing Tegal bisa menghubungi Bp. Harsono 081229243424 ya pak. tks πŸ˜€

      Reply
  • Bayu Hernanto19/10/2015 at 12:14 am

    Saya tertarik untuk mencoba menanam Pak Tiwi-1 secara aquaponik. Apakah ada info, ada yang pernah mencoba? Gimana hasilnya? Di daerah Bekasi bisa beli bibit ini dimana pak? Terima kasih.

    Reply
    • Admin19/10/2015 at 9:48 am

      Sementara ini belum ada info penanaman Pak Tiwi-1 secara aquaponik pak,. Untuk informasi marketing daerah Bekasi bisa menghubungi langsung Bp. Rahadi Utama 085211443773 ya pak,. Tks

      Reply
  • aris22/10/2015 at 9:50 pm

    untuk wilayah purworejo sapa agenya pak ?

    Reply
    • Admin23/10/2015 at 4:47 pm

      Untuk informasi marketing Purworejo bisa menghubungi langsung Bp. Ahcmad Zainudin 085222812135 ya pak. Tks

      Reply
  • muhit28/10/2015 at 11:14 pm

    Info wilayah tangerang pak

    Reply
    • Admin29/10/2015 at 1:15 pm

      Informasi marketing Tangerang bisa menghubungi langsung Bp. Rahadi Utama 085211443773 ya pak,. tks

      Reply
  • teguh aji12/11/2015 at 4:11 pm

    Info marketing majalengka pa?

    Reply
    • Admin13/11/2015 at 8:20 am

      Untuk informasi marketing Majalengka bisa menghubungi Bp. Novid 085220078215 ya pak. Tks

      Reply
  • indra16/11/2015 at 10:24 pm

    info marketing wilayah pemalang pak?

    Reply
    • Admin17/11/2015 at 8:28 am

      Untuk informasi marketing Pemalang bisa menghubungi Bp. Harsono 081229243424 ya pak. tks

      Reply
  • Teuku Raimul Handri11/12/2015 at 7:23 am

    Untuk wilayah jogja siapa/dimana mendapatkan benih padi pak tiwi-1?

    Informasi yg saya terima, pak tiwi 1, cocok untuk Salibu…
    Mohon bantuan perunjuknya untuk penggunaan pak tiwi 1 meliputi persiapan menjelang panen pertama menuju musim ke dua (persiapan/perlakuan yg hrs kami lakukan)

    Reply
    • Admin11/12/2015 at 8:14 am

      Informasi marketing Jogya bisa menghubungi langsung Bp. Hasan 081335719808 ya pak,. Pada dasarnya semua jenis padi bisa untuk Salibu termasuk Pak Tiwi-1, untuk salibu pertama dengan pemupukan berimbang bisa dilakukan, namun kami tidak menganjurkan untuk salibu ke dua dan selanjutnya pak.

      Reply
  • mim13/01/2016 at 10:55 pm

    info bibit di kudus. dimana yaa??

    Reply
    • Admin15/01/2016 at 11:28 am

      Untuk wilayah Kudus bisa menguhubungi Bp. Indra 081329908909, 085743372925 ya pak. Tks

      Reply
  • shobirin05/02/2016 at 11:07 am

    Mohon info untuk wilayah palembang ..

    Reply
    • Admin09/02/2016 at 8:04 am

      untuk Palembang bisa menghubungi langsung Bp. Anang Roni 08123402486 ya pak,. Tks.

      Reply
  • kang dana15/03/2016 at 5:50 pm

    Mohon info untuk pemasaran di kab.kuningan …
    Ada yang tanam padi pertiwi, hasilnya wooow…
    Tapi beliau tdk mau kasih tau dimana belinya..

    Reply
  • kang dana15/03/2016 at 5:52 pm

    Mohon info untuk pemasaran di kab.kuningan …
    Ada yang tanam padi pertiwi, hasilnya wooow…
    Tapi beliau tdk mau kasih tau dimana belinya..
    Anggota Poktan saya banyak yg siap menanam

    Reply
    • Admin16/03/2016 at 8:21 am

      Baik Kang Dana, untuk informasi marketing Kuningan bisa menghubungi langsung petugasnya Bp. Novid 085220078215 ya kang. Klo boleh tahu Kuningannya dmn ya kang? Bisa minta nomer kontaknya?

      Reply
  • turmuzi a01/04/2016 at 9:19 am

    slmet pagi pak, mohon info utk pak tiwi-1 dan bgmana sehrsnya melakukan penyemaian, seperti biasa atau ada cara khususnya, sekalian minta no. kontak ppl pertiwi di wilayah lombok tengah NTB pak. mohon informasi secepatnya pak krn takutnya terlambat ttanam sementara di tempat saya udah melakukan penyemaian seminggu yg lalu
    terimakasih atas respon dan bantuannya pak
    turmuzi lombok

    Reply
    • Admin01/04/2016 at 11:47 am

      Selamat pagi,. Penyemaian tidak ada cara khusus pak, disemai biasa hingga umur 18-21 hss. yg perlu diperhatikan saat pindah tanam adalah jarak tanam n jumlah bibit per lubang (cukup 2 bibit). Jarak tanam lihat pedoman diatas ya pak. Intinya tanam Pak Tiwi-1 jngan tanam rapat krna anakannya banyak. untuk informasi NTB bisa menghubungi Bp. Sonny B 08125130647 ya pak,.

      Reply
  • juli07/04/2016 at 10:20 am

    kontak marketing pertiwi di bali pak,terima kasih

    Reply
    • Admin11/04/2016 at 10:13 am

      Informasi marketing Bali bisa menghubungi Bp. Faizal 082340112334 ya pak. Tks

      Reply
  • Sony14/05/2016 at 5:23 pm

    Mohon info kontak marketing Pertiwi di Indramayu, Jawa Barat Pak?

    Reply
    • Admin16/05/2016 at 8:21 am

      untuk informasi marketing Indramayu bisa menghubungi langsung Bp. Novid 085220078215 ya pak. Tks

      Reply
  • Samsul Ali Susanto03/06/2016 at 2:18 pm

    Mohon pencerahanya untuk bibit padi Pak tiwi,Apa bisa di tanam tanah kering yg pengairanya 1 minggu sekali

    Reply
    • Admin03/06/2016 at 3:53 pm

      Untuk Pak Tiwi-1 memerlukan pengairan yang cukup terutama pada awal tanam 0-10 Hst dan 45-90 Hst. Selain periode tersebut, pengairan bisa seminggu sekali, dan sejak 90 Hst pengairan dihentikan. Jika pengairan kurang maka hasilnya juga tidak bisa optimal pak, Pak Tiwi-1 termasuk padi sawah yang memerlukan pengairan cukup.

      Reply
  • panto20/09/2016 at 1:02 pm

    Mohon info kontak untuk memperoleh benih padi pak tiwi area medan pak^

    Reply
    • Admin21/09/2016 at 8:53 am

      untuk informasi marketing Medan bisa menghubungi Bp. Haryanto 0811643296 ya pak.

      Reply
  • Abdul Rahman16/10/2016 at 9:34 am

    Cara order gmn pak

    Reply
    • Admin17/10/2016 at 8:20 am

      Nanti kami bantu hubungkan dengan sales marketing terdekat, untuk daerah mana ya pak?

      Reply
  • Suherman01/01/2017 at 7:20 pm

    Admin mohon pencerahan! Saya menanam padi pak Tiwi tetapi hasilnya tidak maksimal dan hampir tidak panen dikarenakan bulir padi tidak berisi! Mohon pencerahannya cara pemupukan nya?

    Reply
    • Admin02/01/2017 at 8:26 am

      Sudah panen atau belum pak? Tidak berisinya seperti apa pak? Untuk pemupukan sudah dijelaskan diatas, pemupukan pertama (umur 0-10HST) NPK 250 kg/ha atau campur Urea 100kg, SP36 100kg, KCl 75 kg. Pemupukan kedua (umur 20-30 HST) Urea 100 kg/ha. Pemupukan ketiga (umur 35-45 HST, maksimal umur 45 HST) Urea 75 kg/ha dan KCl 75 kg/ha.

      Reply
  • Andre05/05/2017 at 3:29 pm

    Permisi pak, mau tanya. Produk benih ini apakah bisa dan dapat berkembang dengan baik pada lahan padi gogo/ladang ? Terima kasih.

    Reply
    • Admin05/05/2017 at 5:29 pm

      Pak Tiwi-1 butuh banyak pengairan pak. Jadi kurang optimal jika ditanam di lahan kering.

      Reply
  • sony24/10/2017 at 9:15 am

    Tanya pak. Kebutuhan benih pak tiwi dalam per hektar berapa pak…terima kasih

    Reply
    • Admin24/10/2017 at 9:33 am

      Seperti dijelaskan gambar diatas.. Kebutuhan benih Pak Tiwi-1 pada musim hujan 12kg/ha, untuk musim kemarau 15kg/ha pak, penanaman cukup 2 bibit per lubang tanam.

      Reply
  • Eko27/10/2017 at 9:12 am

    Klo beli benih p Tiwi wilayah madiun dimna yaa info nya terima kasih

    Reply
    • Admin30/10/2017 at 5:12 pm

      untuk informasi marketing Madiun bisa menghubungi Bp. Anas 081234554366 ya pak. Tks

      Reply
  • heri purwanto24/11/2017 at 12:51 pm

    untuk daerah banyumas, marketingnya ke siapa om.. saya mau beli benih cabai serambi..
    terima kasih ommmm

    Reply

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.